Inovasi Teknologi Sepeda Motor Terbaik Yang Muncul Dari Balapan
rodaduakita – Banyak
inovasi dan teknologi yang saat ini berkembang di sepeda motor pada awalnya
adalah teknologi yang ada di ajang balap. Tentu saja balapan sebagai media
untuk mengetes teknologi tersebut berjalan dengan baik, selanjutnya aplikasi di motor harian.
Apa saja teknologi pada
sepeda motor yang pada awalnya adalah teknologi yang dipakai di balapan,
berikut rangkumannya:
Aero winglets
Sudah menjadi rahasia
umum bahwa balap adalah ajang pembuktian bagi teknologi untuk akhirnya turun ke
sepeda motor harian. Teknologi yang awalnya di balapan adalah winglets.
Terlihat pada motor seperti Aprilia RSV4 RF LE, RSV4 1100 Factory, Ducati
Panigale V4 R, dan bahkan MV Agusta Brutale Serie Oro.
Tidak butuh waktu lama
bagi teknologi aerodinamika MotoGP untuk memasuki produksi massal. Efektivitas teknologi ini bagi
pengendara jalanan untuk menjaga roda depan mereka tetap rendah.
mungkin ada sedikit
keraguan, karena winglets asli dirancang untuk berfungsi pada kecepatan yang
sangat tinggi, tetapi dengan adanya winglets menambah keyakinan jalanan.
Quickshifter
Quickshifter merupakan
teknologi pada sepeda motor balap yang bertujuan untuk membantu pengendara saat
kehilangan shift, karena anda menarik kopling atau tidak melepaskan throttle
pada waktu yang tepat. Hal ini bisa menjadi perbedaan antara menang dan kalah.
Quickshifter juga bagus untuk pengendara jalanan, terutama jika
Anda terjebak kemacetan. Terlebih lagi, quickshifter tidak hanya diperuntukkan
bagi sepeda motor premium lagi, banyak sepeda datang dari pabrik dengan
quickshifter, dan yang tidak mungkin dipasangi sistem aftermarket dengan harga
yang relatif murah.
Sistem antarmuka pengguna
tingkat lanjut
Hanya masalah waktu
sebelum resolusi warna sebening kristal dan fungsionalitas layar sentuh
berjalan dari telepon ke kelompok instrumen sepeda motor, dan beberapa layar
sepeda motor saat ini sangat menakjubkan untuk dilihat.
Harley-Davidson, India,
BMW, dan Ducati hanyalah beberapa dari OEM dengan layar yang begitu jelas dan
tajam sehingga kita akan merasa nyaman saat melihatnya.
Di samping itu ada juga
yang dilengkapi dengan kemampuan layar sentuh, koneksi Bluetooth, Apple Carplay,
Android auto, dan banyak lagi.
Aplikasi telepon
Aplikasi telepon sangat
populer akhir-akhir ini aplikasi ini sudah terhubung langsung dengan sepeda
motor. Misalnya, salah satu fungsi
sistem Aprilia APRC adalah menggunakan aplikasi telepon pintar, bersama dengan
GPS telepon, untuk menentukan penempatan sepeda di lintasan dan menyesuaikan
kontrol traksi per sudut tertentu
Yamaha juga mengaplikasi Y-TRAC dimana sistem ini mengakuisisi data
untuk pengendara R1M, yang memungkinkan mereka untuk melihat input pada motor,
serta setiap intervensi dari pengendara, per putaran. Yamaha juga telah
mengaplikasikan teknologi ini pada motorcross,
Suspensi elektronik
Dengan kemajuan
teknologi, sekarang dimungkinkan untuk memiliki suspensi elektronik. Berbagai
sensor terhubung dengan ECU beberapa kali per detik, yang kemudian dapat secara
elektronik menyesuaikan kompresi dan rebound redaman.
Beberapa sportbikes tersedia dengan
e-suspensi, karena menawarkan kompromi yang baik untuk sebagian besar pembeli
sportbike yang butuh kenyamanan saat berkendara.
IMU
Inovasi teknologi tunggal
terbesar dalam dua dekade terakhir ini adalah Inertial Measurement Unit, atau
IMU. Mampu memantau posisi sepeda motor melalui giroskop dan akselerometer.
IMU - bersama dengan
berbagai sensor lainnya - telah memungkinkan teknologi untuk membuat sepeda
motor lebih cepat dan lebih aman. Alat bantu pengendara seperti menikung ABS,
kontrol traksi prediktif (berlawanan dengan reaktif), kontrol geser, kontrol
roda, dan kontrol luncur tidak akan mungkin jauh lebih canggih tanpa IMU.
Comments
Post a Comment