Bersihkan Biar lancar
Bagi para
pemilik motor
yang sering bermasalah dengan pelumasan pada kepala silinder atau
pada poros engkol patut mewaspadai kondisi saringan olinya. Karena fungsi dari
saringan oli ini untuk menyaring oli yang akan dialirkan ke komponen tersebut.
Jika saringan
oli tersebut sudah mengalami penyumbatan maka akan berakibat berkurangnya debit
oli yang dialirkan, sehingga pelumasan pasti tidak akan maksimal.
.JPG)
Untuk itu
pemeriksaan dan perawatan pada komponen tersebut tidak boleh kita abaikan.
“Pada motor 4 Tak, yang menggunakan sistem pelumasan tipe basah atau wet sum
type pelumas didistribusikan oleh sebuah pompa oli ke komponen-komponen yang
bergerak,”buka Galang dari Galang Motor yang ada di Galang Motor.

Sebelum oli
dipompakan ke komponen mesin seperti noken as dan juga poros engkol, oli
tersebut disaring terlebih dahulu sehingga kotoran tidak ikut terbawa. Nah, kondisi
saringan juga menentukan kualitas oli yang dialirkan, jika saringan sudah penuh
dengan kotoran maka oli yang dialirkan pun tidak akan bisa maksimal.
“Perlu kita
ketahui juga, pada sepeda motor dengan pelumasan type basah terdapat dua buah
saringan, saringan kasa dan saringan rotor oli. Dua saringan ini membutuhkan
perlakukan yang berbeda saat kita lakukan pembersihan,”terang pemilik bengkel
yang ada di Jl. Solo-Semarang Km 7.
Untuk saringan
oli kasa kita bersihkan dengan terlebih dahulu kita ambil dari tempatnya
selanjutnya kita semprot dengan udara bertekanan. Sedangkan untuk rotor
saringan oli kita cukup mengelapnya dengan kain bersih dan jangan menggunakan
udara bertekanan tujuannya agar debu dan kotoran yang menempel tidak masuk ke
dalam lubang saluran yang menuju ke poros engkol.
Comments
Post a Comment