Cek Kebocoran Kompresi

Cek Kebocoran Katup
Gunakan Kompresor


Katup pada sepeda motor berfungsi untuk memasukkan campuran bahan bakar dan udara, dan untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran. Sehingga kondisinya harus benar-benar rapat. Dengan kondisi katup yang rapat memungkinkan campuran bahan bakar dan udara yang dikompresikan di ruang bakar tidak terjadi kebocoran.
Seiring berjalannya waktu dan masa pemakaian, kondisi katup akan mengalami keausan. Yang sebelumnya rapat lambat laun akan terjadi kebocoran juga. Saat katup sudah aus maka kita harus melakukan skur katup atau bahkan melakukan penggantian.
Yang menjadi permasalahan adalah kita kesulitan untuk mengetahui kondisi katup, setelah kita lakukan skur katup apakah sudah rapat atau masih terdapat celah sehingga memungkinkan akan terjadi kebocoran saat nanti kita pasangkan.

Untuk mengetahui dengan cepat kebocoran yang terjadi pada katup kita bisa tiru cara yang dilakukan oleh Tri Wahyanto mekanik dari bengkel Serba Jaya Motor. “Untuk mengetahui kebocoran yang terjadi pada katup kita bisa menggunakan cairan bensin yang ditaruh di ruang bakar,”buka pria yang juga berprofesi sebagai guru ini.
Caranya katup yang telah kita lakukan skur kita pasangkan pada kepala silinder, selanjutnya kepala silinder tersebut kita balik dan cairan bensin kita tuangkan di ruang bakar. “Setelah bensin mengisi ruang bakar, selanjutnya gunakan angin bertekanan dari kompresor untuk mengecek kerapatan dari katup tersebut, caranya semprot bagian bawah dari katup,”terangnya.

Jika dari celah antara katup dengan dudukannya pada kepala silinder terdapat gelembung-gelembung setelah kita semprot dengan udara bertekanan kompresor, maka bisa dipastikan skur yang kita lakukan kurang rapat. “Jika ada gelembung yang keluar dari celah katup tersebut maka skur yang kita lakukan belum rapat sehingga kita harus skur ulang, tapi jika tidak ada gelembung yang keluar, maka antara katup dengan dudukannya sudah rapat,”tutup pemilik bengkel yang ada di Jl. Suruh-Salatiga Km 2, Kab.Semarang.  

Comments