Cek Kebocoran Katup
Gunakan Kompresor
Katup pada
sepeda motor berfungsi untuk memasukkan campuran bahan bakar dan udara, dan
untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran. Sehingga kondisinya harus benar-benar
rapat. Dengan kondisi katup yang rapat memungkinkan campuran bahan bakar dan
udara yang dikompresikan di ruang bakar tidak terjadi kebocoran.
Seiring
berjalannya waktu dan masa pemakaian, kondisi katup akan mengalami keausan.
Yang sebelumnya rapat lambat laun akan terjadi kebocoran juga. Saat katup sudah
aus maka kita harus melakukan skur katup atau bahkan melakukan penggantian.
Yang menjadi
permasalahan adalah kita kesulitan untuk mengetahui kondisi katup, setelah kita
lakukan skur katup apakah sudah rapat atau masih terdapat celah sehingga
memungkinkan akan terjadi kebocoran saat nanti kita pasangkan.
Untuk mengetahui
dengan cepat kebocoran yang terjadi pada katup kita bisa tiru cara yang
dilakukan oleh Tri Wahyanto mekanik dari bengkel Serba Jaya Motor. “Untuk
mengetahui kebocoran yang terjadi pada katup kita bisa menggunakan cairan bensin
yang ditaruh di ruang bakar,”buka pria yang juga berprofesi sebagai guru ini.
Caranya katup
yang telah kita lakukan skur kita pasangkan pada kepala silinder, selanjutnya
kepala silinder tersebut kita balik dan cairan bensin kita tuangkan di ruang
bakar. “Setelah bensin mengisi ruang bakar, selanjutnya gunakan angin
bertekanan dari kompresor untuk mengecek kerapatan dari katup tersebut, caranya
semprot bagian bawah dari katup,”terangnya.
Jika dari celah
antara katup dengan dudukannya pada kepala silinder terdapat
gelembung-gelembung setelah kita semprot dengan udara bertekanan kompresor,
maka bisa dipastikan skur yang kita lakukan kurang rapat. “Jika ada gelembung yang keluar dari celah katup
tersebut maka skur yang kita lakukan belum rapat sehingga kita harus skur
ulang, tapi jika tidak ada gelembung yang keluar, maka antara katup dengan
dudukannya sudah rapat,”tutup pemilik bengkel yang ada di Jl. Suruh-Salatiga Km
2, Kab.Semarang.
Comments
Post a Comment