Periksa dari Bocor Dan Air
Air Cut Off
Valve yang ada pada karburator sepeda motor Honda Kharisma atau juga Supra X
125 berfungsi untuk menyempurnakan proses yang terjadi pada saat pembakaran di
ruang bakar. Dengan adanya komponen tersebut memungkinkan motor terhindar dari
adanya gejala nembak-nembak saat deselerasi atau penutupan gas secara
tiba-tiba.
Jika sampai
terjadi gangguan pada komponen tersebut bisa dipastikan kerja mesin akan
terganggu.
Gejala ini
dialami oleh Aris Abadi dengan Honda Kharisma nya. Pria yang berasal dari
Prambanan, Klaten ini mengeluhkan saat dia mengurangi gas secara tiba-tiba atau
saat berhenti di lampu merah motornya mengeluarkan suara ledakan dari knalpot.
“Coba cek
kondisi katup vakumnya, karena jika terjadi kebocoran katup tersebut tidak lagi
berfungsi,”buka Tri Wahyanto dari bengkel Serba Jaya yang ada di Suruh, Kab.
Semarang.
Fungsi dari
katup tersebut adalah mensuply udara tambahan saat terjadi kevakuman yang
tinggi. Dan kevakuman yang paling tinggi pada sepeda motor terjadi saat
deselerasi tersebut.
Dengan kevakuman
yang tinggi dimana trotlle valve atau skep sudah tertutup, hal tersebut akan
menyebabkan bahan bakar yang tertarik menjadi lebih banyak. “Campuran kaya
tersebut tidak semuanya terbakar, ada sebagaian yang ikut terbuang ke knalpot.
Karena suhu knalpot sudah panas menyebabkan bahan bakar akan terbakar di
knalpot yang menyebabkan suara ledakan,”analisanya.
Nah, katup air
cut off berfungsi untuk menambah udara saat kondisi tersebut sehingga
campurannya tidak lagi kaya. Dengan cara memanfaakan kevakuman pada intake
manifold untuk membuka katup tersebut.
Jika sudah
terjadi kebocoran pada katup tersebut akan menyebabkan tertutupnya saluran
udara sehingga udara tambahan yang diharapkan tidak bisa dialirkan.
Comments
Post a Comment