Imam Safii, mekanik balap yang biasa menangani motor TS |
Cukup Rapikan Porting
Bagi para
pecinta olahraga offroad roda dua pasti tidak asing dengan motor Trail Suzuki
TS. Motor yang didesain untuk adventure menerjang daerah hutan dan pegunungan
ini memang cukup tangguh untuk diajak trabasan.
Tapi kadang
performanya masih dirasa kurang mumpuni sehingga kita perlu melakukan perubahan
pada beberapa bagian mesin. Tidak usah kuatir, coba kita tanyakan pada ahlinya
yang setiap hari bergelut dengan motor pemakan lumpur ini.
“Tidak perlu
melakukan ubahan yang terlalu besar, karena jika kita terlalu besar dalam
melakukan ubahan pada mesin TS malah akan menjadi liar dan tidak nyaman untuk
dipakai adventure,”buka Imam safi’i komandan Malabar Motor yang biasa menangani
motor-motor adventure ataupun grasstrack.
Menurut mekanik
kalem ini TS untuk trabasan tidak membutuhkan tenaga yang terlalu besar karena
hal tersebut akan membuat motor susah untuk dikendalikan.
Cukup merapikan
porting dirasa sudah cukup mendongkrak performa mesin yang dipakai untuk
trabasan. “Disamping itu memperbesar pembuangan juga bisa dilakukan,”sambung
mekanik yang mewanti jangan terlalu besar penambahannya karena jika terlalu besar
motor akan menjadi liar.
Korek pembuangan
yang diperbolehkan 2 mm kearah atas dan 1 mm kearah samping, dengan pembesaran
sebesar itu dirasa sudah cukup mumpuni.
Terakhir, dengan
ubahan yang telah dilakukan pada porting dan pembuangan spuyer karburator wajib
mengikuti. Kenaikannya menyesuaikan dari angka standarnya. “Yang jelas dengan
ubahan pada dua bagian tadi harus diikuti dengan menaikkan spuyer karburator
yang besarnya naik 10 angka dari standarnya,”tutup mekanik yang hobi olah raga
bulu tangkis ini.
Malabar Motor
Kp. Kalilangse No 15 RT2/2,
Jl. Malabar, Candi Baru, Semarang
Telp. 08156650047
Baca juga : https://rodaduakita.xyz/
Tanya nih mas..ts 125 sy susah hidupnya dan suka banjir karbunya, dan kalau nyalapun terdengar suara klotak2 keras di bagian mesin..mohon pencerahan mas,trims sebelumnya
ReplyDeletecoba memberikan masukan buat mas feril. mesin susah hidup dan karbu banjir kemungkinan pemilihan spuyernya yang tidak tepat, bisa jadi terlalu boros sehingga busi menjadi basah dan pembakaran tidak sempurna. untuk suara klotak-klotak coba dipastikan terlebih dahulu dibagian mana, jika sebelah kanan kemungkinan koplingnya, jika dibagian depan kemungkinan piston atau juga stang piston. mungkin ada yang bissa menambahi lagi...
DeletePermisi masbro mau tanya saya posisi di Surabaya ini,, kalau mau beli onderdil mesin ts100 bagian dalam dimana ya masbro?? Need info thx ,,
ReplyDeletemaaf infonya belum dapet bro, mungkin ada rkan lain yang punya info bisa disharing
DeleteEnte butuh apa aja gan, ane ada stock bahan mesin ts100 lokasi sidoarjo 082233411217
DeleteMas mau tanya....ts saya kl br hidup digasnya ndut2an...tp kl sudah panas tarikannya yahud....kira2 apanya ya mas, mohon pencerahan
ReplyDeletecoba telp nomor yang diatas itu mas untuk tanya lebih lanjut, cuma pengen sedikit memberikan masukan, berdasarkan pengalaman kasus seperti yang agan alami bisa disebabkan oleh ukuran pilot jet yang terlalu kecil, solusinya coba agan besarkan pilot jet sampai ketemu ukuran yang pas. tapi beda motor beda juga kasusnya ini hanya sebagai referensi awal saja
DeleteLobang buang dikorek , apa lobang hisap perlu gak dikorek juga?
ReplyDeleteLobang buang dikorek , apa lobang hisap perlu gak dikorek juga?
ReplyDeleteDi sarankan utk piston ts 125 smpai os brp? Trims
ReplyDeleteMau tanya bang. Kok ts saya sering x banjir y. Apa penyebab nya? Klo udh gt. Motony susah hdup dan harus ganti busi. Thx
ReplyDeleteGan numpang nanya mesin ts 100 pake blok ts 125 bisa da besri krengkes apa ga
ReplyDeletemaaf tanya mas, klo kapasitas oli mesin nya brp cc ya? tks
ReplyDeleteUntuk ts pengapian apa yg bagus d pake om untuk trabas
ReplyDelete