Selamatkan dengan Sealer
Bagi
para pemakai motor yang sering menerjang hujan, atau motor mengalami masalah
setelah dicuci, bisa meniru apa yang dilakukan oleh Galih Wisnu. Dia adalah
seorang pengajar di salah satu SMK di kab. Semarang. Mengalami trouble pada
V-ixionnya setelah dicuci.
Kejadiannya
saat motor selesai di cuci tiba-tiba motor injeksinya mengalami gangguan.
Gejalanya mbrebet-mbrebet seperti busi yang mau koit. Setelah diganti busi
ternyata masalah tersebut tidak hilang, bahkan sempat menvonis sistem
elektroniknya yang mengalami kerusakan.
“Sudah
diganti busi beberapa kali dan lakukan pengecekan beberapa komponen ternyata
tidak ada bagian yang rusak,”bebernya.
Selanjutnya
coba dilakukan pengecekan pada cop busi, ternyata pada bagian ini banyak
terdapat air. Kemungkinan air tersebut berasal dari semprotan air cucian saat
motor dibawa ke tukang cuci.
Dengan
adanya air pada tutup busi tersebut tegangan yang menuju busi berkurang. Percikan
bunga api pada busi tidak mampu membakar bahan bakar secara maksimal.
Sehingga
saat dilakukan akselerasi dengan cara menambah bahan bakar busi tidak mampu
melaksanakan tugasnya membakar bahan bakar tersebut, akibatnya laju motor seolah
tersendat-sendat.
“Setelah
dibersihkan air yang ada pada tutup busi tersebut sampai benar-benar bersih,
ternyata gejala mesin mbrebet tidak muncul lagi”terangnya.
Kejadian
ini bisa menimpa siapa saja, apalagi saat ini lagi musim hujan. “Untuk menjaga agar
air tidak kembali masuk ke dalam tutup busi, kita bisa memberikan sealer pada
permukaan tutup busi sebelum kita pasangkan,”wantinya.
Sehingga
air tidak akan bisa masuk kembali meskipun motor di cuci dengan air bertekanan
tinggi lagi.
Comments
Post a Comment