Motor trail Suzuki
TS telah menjadi legenda di Indonesia, dimana motor Suzuki TS ini telah
mempunyai penggemar tersendiri. Sampai sekarangpun motor Suzuki TS tetap
menjadi pililhan bagi mereka yang suka adventure bermotor.
Bagaimana perjalanan
motor trail jadul ini, berikut rangkuman yang kami dapatkan dari berbagai
sumber.
TS 100 S
Suzuki TS 100 hadir
di Indonesia pada tahun 1974, dalam kurun waktu 70-an Suzuki TS 100 sendiri
keluar dalam beberapa versi, yaitu TS 100A, TS100B, dan TS100C dengan
spesifikasi:
Mesin: 2-stroke
Cylinder: 1
Kapasitas mesin: 97 cc
Max power: 10,8 hp @ 7000 rpm
Max torque: 1,17 kg.m @ 6000 rpm
Pendingin: udara
Fuel system: Carburetor
Pengapian: platina
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5), constan mesh
Lubrication: Suzuki CCI
Starter: kick
Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2000 x 850 x 1060 mm
Jarak ke tanah: 195 mm
Tangki bbm: 6,5 liter
Berat: 92 kg
Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: swingarm, double shock
Ban:
- depan: 2.75-19" - 4PR
- belakang: 3.00-18" - 4PR
Rem:
- depan: tromol
- belakang: tromol
Mesin: 2-stroke
Cylinder: 1
Kapasitas mesin: 97 cc
Max power: 10,8 hp @ 7000 rpm
Max torque: 1,17 kg.m @ 6000 rpm
Pendingin: udara
Fuel system: Carburetor
Pengapian: platina
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5), constan mesh
Lubrication: Suzuki CCI
Starter: kick
Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2000 x 850 x 1060 mm
Jarak ke tanah: 195 mm
Tangki bbm: 6,5 liter
Berat: 92 kg
Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: swingarm, double shock
Ban:
- depan: 2.75-19" - 4PR
- belakang: 3.00-18" - 4PR
Rem:
- depan: tromol
- belakang: tromol
TS 100 ER
Suzuki TS 100ER
hadir pada 1982 di Indonesia menggantikan model sebelumnya Suzuki TS 100 seri
A, B dan C terakhir dijual tahun 1979. Penampilan Suzuki TS 100ER secara visual
lebih menarik dibanding produk sebelumnya. Di tempat asalnya Jepang, TS 100 ER
hadir mulai 50, 100, 125 dan 250 cc. Dengan desain styling-wise itu mengambil
desain dari versi trail kompetisi Suzuki yaitu Suzuki RM series. Penampilan
mesinnya pun terlihat lebih padat dari versi sebelumnya, meskipun power tidak
jauh beda.
Berikut spesifikasi TS 100ER:
engine : 2-stroke
Cylinder: 1
Kapasitas mesin: 97 cc
Max power: 11 hp @ 8000 rpm
Fuel system: carburetor
Pendingin: udara
Pengapian: Platina
Battery/ accu: 6v
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5), constan mesh
Starter: kick
Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2000 x 850 x 1060 mm
Berat: 91 kg
Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: swingarm, double shock
Ban:
- depan: 2.75-19"
- belakang: 3.00-18"
Rem:
- depan: tromol
- belakang: tromol
Berikut spesifikasi TS 100ER:
engine : 2-stroke
Cylinder: 1
Kapasitas mesin: 97 cc
Max power: 11 hp @ 8000 rpm
Fuel system: carburetor
Pendingin: udara
Pengapian: Platina
Battery/ accu: 6v
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5), constan mesh
Starter: kick
Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2000 x 850 x 1060 mm
Berat: 91 kg
Suspensi:
- depan: telescopic
- belakang: swingarm, double shock
Ban:
- depan: 2.75-19"
- belakang: 3.00-18"
Rem:
- depan: tromol
- belakang: tromol
TS 125C
Pada tahun 1978, Suzuki TS 125 yang berkode C. Untuk keluaran tahun 1978 ini, tidak ada perbedaan dengan produk sebelumnya "TS 125B". Spec mesin sama dengan tahun 1977. Perbedaan hanya pada striping tangki, yang sedikit berubah. Setelah produk TS 125C, tidak dilanjutkan produksinya maupun penjualannya di Indonesia, untuk sementara dihentikan pada tahun 1980.
Pada tahun 1978, Suzuki TS 125 yang berkode C. Untuk keluaran tahun 1978 ini, tidak ada perbedaan dengan produk sebelumnya "TS 125B". Spec mesin sama dengan tahun 1977. Perbedaan hanya pada striping tangki, yang sedikit berubah. Setelah produk TS 125C, tidak dilanjutkan produksinya maupun penjualannya di Indonesia, untuk sementara dihentikan pada tahun 1980.
TS 125ER
Pada tahun 1993, Suzuki Indonesia memunculkan kembali species TS 125, yaitu dengan menghadirkan TS 125 ER dengan penampilan yang berbeda dengan produk-produk sebelumnya. Penampilan yang lebih mendekati ke bentuk Suzuki RM, menjadikan produk ini pun laris manis, nyaris tidak ada saingan untuk kelas Trail-Enduro 2-tak pada era 90-an hingga 2000an awal.
Suzuki TS 125ER walaupun hadir kembali, tapi ini merupakan produk terakhir species TS 125, perjalanan bertahan sampai tahun 2005, hingga akhirnya dihentikan sama sekali. Dalam kurun waktu 1993-2005 tidak ada perubahan sama sekali pada TS 125ER ini, hanya perubahan warna dan stripping pada tahun 2004-2005 sebagai edisi terakhir dijual di Indonesia.
Pada tahun 1993, Suzuki Indonesia memunculkan kembali species TS 125, yaitu dengan menghadirkan TS 125 ER dengan penampilan yang berbeda dengan produk-produk sebelumnya. Penampilan yang lebih mendekati ke bentuk Suzuki RM, menjadikan produk ini pun laris manis, nyaris tidak ada saingan untuk kelas Trail-Enduro 2-tak pada era 90-an hingga 2000an awal.
Suzuki TS 125ER walaupun hadir kembali, tapi ini merupakan produk terakhir species TS 125, perjalanan bertahan sampai tahun 2005, hingga akhirnya dihentikan sama sekali. Dalam kurun waktu 1993-2005 tidak ada perubahan sama sekali pada TS 125ER ini, hanya perubahan warna dan stripping pada tahun 2004-2005 sebagai edisi terakhir dijual di Indonesia.
sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/54cb56551a997520378b456e/sejarah-motor-trail-jepang-yang-pernah-edar-di-indonesia/
Baca juga : https://rodaduakita.xyz/
Comments
Post a Comment